Selasa, 09 Juli 2013

Pengertian dan Jenis-jenis Pelapukan

| Selasa, 09 Juli 2013 |

Pengertian dan Jenis-jenis Pelapukan – Makhluk hidup dan penyinaran Matahari mempunyai peranan yang penting dalam perubahan bentuk muka Bumi, terutama adanya pelapukan-pelapukan batuan. Pelapukan adalah proses hancurnya batuan pada kulit Bumi. Pelapukan merupakan bagian dari proses Denudasi.

Jenis-jenis pelapukan terdiri dari tiga jenis, yaitu:

1. Pelapukan fisik atau mekanik adalah proses pemecahan batuan menjadi fragmen-fragmen yang lebih kecil sebagai hasil dari tenaga fisik yang bekerja pada batuan tersebut. Pelapukan ini dapat terjadi karena pengaruh penyinaran Matahari atau perubahan temperatur. Pemanasan oleh sinar Matahari menyebabkna terjadinya pemuaian. Jika pemuaian tersebutcukup besar maka akan menyebabkan batuan menjadi pecah.

2. Pelapukan kimiawi adalah pelapukan yang merusak batuan-batuan sekaligus mengubah susunan kimianya. Pelapukan ini sering pula disebut dekomposisi karena batuan tidak hanya mengalami perubahan fisik, tetapi juga mengalamii perubahan komposisi. Proses kimiawi sangat dipengaruhi oleh kondisi iklim, namun tumbuh-tumbuhan dan binatang juga ikut berperan baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Pelapukan biologis adalah pelapukan yang disebabkan oleh kegiatan tumbuh-tumbuhan dan hewan, seperti akar tumbuh-tumbuhan masuk ke dalam celah-celah batuan, rayap, dan semut.

Batuan-batuan yang telah mengalami pelapukan akan mudah tererosi atau terkikis oleh tenaga angin, ombak, atau aliran sungai.