Selasa, 09 Juli 2013

Syarat-syarat dan Komponen pembuatan peta

| Selasa, 09 Juli 2013 |

Syarat-syarat dan Komponen pembuatan peta – Peta yang baik adalah peta yang dapat memberikan informasi secara jelas bagi penggunanya. Peta yang demikian harus memberikan informasi tentang keadaan suatu wilayah dengan benar. 

pembuatan peta yang baik harus memenuhi syarat-syarat peta berikut :

1. Ekuivalen, yaitu perbandingan luas daerah pada peta harus sama atau sesuai dengan luas daerah sebenarnya.

2. Ekuidistan, yaitu perbandingan jarak peta harus sama atau sesuai dengan jarak yang sebenarnya.

3. Konform, yaitu bentuk semua sudut yang digambarkan harus sama atau sesuai dengan bentuk yang sebenarnya.

4. Tidak membingungkan dan mudah dipahami

5. Penyajian data harus lengkap dan teliti

6. Harus rapi, bersih dan indah.

Peta yang ideal apabila penggambarannya memenuhi komponen-komponen pembuatan peta berikut ini :


1. Judul peta

Judul peta biasanya diletakkan dibagian atas peta. Judul peta dituliskan dengan huruf yang paling besar jika dibandingkan dengan tulisan-tulisan lain yang ada di peta. Judul peta harus mencerminkan jenis data yang ditampilkan dalam peta, misalnya apabila data yang ditampilkan dalam peta adalah data tentang persebaran hasil tambang di Indonesia maka judul petanya yaitu “Persebaran Hasil Tambang Indonesia”.

2. Tahun pembuatan peta

Tahun pembuatan peta perlu diperhatikan oleh pembaca agar pembaca mendapatkan informasi yang benar-benar baru. Tahun pembuatan peta yang berbeda akan menyajikan data yang berbeda pula, terutam data-data yang bersifat dinamis.

3. Penunjuk arah

Penunjuk arah atau orientasi diletakkan di tempat yang kosong sehingga tidak mengganggu peta yang digambarkan. Penunjuk arah pelru diperhatikan agar pengguna peta mengetahui arah utara, timur, selatan dan barat. Penunjuk arah biasanya digambarkan dengan anak panah menghadap ke atas dan diberi tanda huruf U (utara).

4. Legenda

Legenda berisi keterangan tentang arti simbol yang digunakan dalam peta. Legenda berfungsi membantu pengguna peta untuk mengenal arti simbol yang digunakan tersebut.